Laman

Jumat, 14 September 2012

PERKEMBANGAN ILMU ADMINISTRASI


 Ilmu dapat didefinisikan sebagai suatu obyek ilmiah yang mengandung sekelompok prinsip dalil rumus dan kaidah yang bersifat universal modial.
FOKUS ANALISIS ILNU ADMINISTRASI
Telah ditekankan bahwa sesuatu cabang ilmu pengetahuan lahir karena manusia menghendakinya. Ilmu administrasi tidak dapat disangkal bahwa manusia mahkluk yang sangat kompleks. Tidak ada satu pun cabang ilmu pengetahuan yang mampu menjelaskan semua segi kehidupan manusia. Yang diharapkan terjadi ada dua hal :
a. Masing-masing cabang ilmiah mempunyai focus analisis sebagai domainnya  yang khas.
b.  Agregasi berbagai pendekatan dan hasil analisis pemahaman tentang manusia.
Filsafat merupakan ilmu kedua yang dikenal oleh manusia. Filsafat sering disebut sebagai induk semua ilmu pengathuan. Dinamika masyarakat menurut perkembanganya lebih jauh dari filsafat. Secara sederhana dalam perkembanganya, ilmu filsafat bercabang tiga yaitu :
1)         Ilmu-ilmu eksakta
2)         Ilmu-ilmu social
3)         Humaniora
Relevan menekankan bahwa dengan klasifikasi berbagai cabang ilmu pengetahuan dalam tiga
kategori, ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu :
1)         Semua cabang ilmu pengetahuan mempunyai prinsip, rumus, dalil dan kaidah tang bersifat universal mondial.
2)         Dalam menerapkan prinsip, dalail, rumus dan kaidah ilmu-ilmu eksakta berlaku hokum adopsi, dalam arti dapat diterapkan secara murni karena tidak mengenal batas waktu, kondisi dan tempat.
3)         Ilmu sosial dan humaniora yang meskipun mempunyai prinsip, rumus, dalil dan kaidah yang bersifat universal mondial, dalam penerapannya berlaku hokum adaptasi.
Ilmu administrasi merupakan salah satu cabang ilmu-ilmu sosial. Satu catatan penting dalam kaitan ini ialah bahwa pencabangan dalam ilmu administrasi belum diterima secara universal oleh para ilmuan.
Tahap-tahap perkembangan ilmu administrasi
Administrasi mempunyai dua status, yaitu sebagai seni yang usianya sama dengan usia peradapan manusia dan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan. Administrasi sebagi seni dewasa ini didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah dan sebagai ilmu ia merupakan disiplin ilmiah yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan memperhitungkan aspek seninya.
Pertumbuhan dan perkembangan ilmu administrasi dapt dikategorikan pada tiga tahap :
1.      Tahap pertumbuhan awal
Tahun 1886 sering dikatakan sebagai tahun lahirnya ilmu administrasi, karena pada tahun itulah Gerakan Manajemen Ilmu dimulai di Amerika Serikat dengan Frederick W Tailor sebagai pelopor utamanya.
2.      Tahap Gerakan Human Relations
Lahirnya gerakan manajemen ilmiah juga dikenal sebagai lahirnya gerakan efisiensi. Alasan utamanya karena pada tahap pertumbuhan awal berbagai penelitian yang dilakukan sebagian besar ditujukan kepada usaha untuk meningkatkan efisiensi kerja para karyawan.
3.      Tahap keprilakuan
Gerakan keprilakuan lanjutan logis dari gerakan human relations, karaena gerakan human relations berhasil meluruskan pandangan tentang posisi sentral manusia dalam seluruh proses administrasi. Gerakan keprilakuan berusaha mempelajari faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada prilaku manusia dalam kehidupan organisasionalnya.

BERBAGAI ALIRAN ILMU ADMINISTRASI
Ilmu administrasi merupakan fenomena ilmiah yang normal, karena dalam menekuni suatu disiplin ilmiah tertentu, seorang ilmuan selalu dipengaruhi oleh berbagai faktor :
a.      Latarbelakang pendidikannya.
b.      Latarbelakang sosialnya.
c.       Filsafat hidupnya.
d.      Almamaternya.
e.      Lingkungannya.
f.        Bidang spesialisasi yang ditekuninya.

Berbagai aliran yang dikenal adalah sebagai berikut :
1.      Aliran efisiensi, penganut aliran ini menyoroti proses administrasi dari sudut pandang yang procedural dan mekanistik.
2.      Aliran empiric, penganut aliran ini menekankan pentingnya mempelajari kasus-kasus administrasi.
3.      Aliran system sosial, penganut aliran ini bertitik tolak dari pandangan bahwa organisasi merupakan suatu system sosial.
4.      Aliran teori pengambilan keputusan, pemikiran para penganut aliran ini dipusatkan pada proses pengambilan keputusan yang rasional setelah menganalisis berbagai alternative yang dipandang layak untuk dpertimbangkan.
5.      Aliran matematikal, penganut aliran ini pada dasarnya berpendapat bahwa administrasi merupakan suatu system dari model-model yang didasarkan pada rumus-rumus matematika.

PENTINGNYA PENDEKATAN MULTI DISIPLINER
Salah satu cirri dunia ilmu dewasa ialah terjadinya saling mendukung, seperti dalam kelompok ilmu-ilmu eksakta, atau kelompok ilmu-ilmu sosial, berbagai ilmu pengetahuan yang perlu dipahami guna memantapkan usaha pendalaman teori ilmu administrasi dan aplikasinya adalah :
1.      Ilmu politik.
2.      Ilmu ekonomi.
3.      Ilmu hukum.
4.      Sejarah.
5.      Sosiologi.
6.      Antropologi.
7.      Psikologi.
8.      Informatika.
9.      Statistika.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar